Punya Skill, Jual Di Marketplace Jasa Dan Bagaimana Menentukan Harga Jasa Dari Skill Anda (Part 1/2)

Posted on

Punya skill (kemampuan). Jual skill yang anda miliki di Marketplace Jasa dan bagaimana memilih harga jasa skill (keterampilan) yang anda miliki?

Berbeda kalau anda memiliki produk atau membuat produk barang atau berwujut, anda tinggal menjualnya di offline dan online store dan mampu uang dari situ.

Produk jasa unik, karena produknya tidak kelihatan dan dasar penerapan harganya bukan dari modal materi baku untuk membuatnya, tetapi dari seberapa level keahlian yang dimiliki dan kualitas produk jasa yang dimiliki.

Orang yang mempunyai pasion dan skill yang bergerak di dunia seni (menyanyi, komedi, sulap)  dan digital mirip photografi, videografi, dan dunia digital lain mirip pembuatan logo, design, yang menciptakan produk yang absurd dan estetika akan membutuhkan cara menentukan harga dari jasanya dan bagaimana menjual skillnya.

Seorang level profesional akan gampang menjual jasanya alasannya telah diketahui banyak orang dibanding seorang pemula dibidang keahliannya, lalu bagaimana tingkat pemula memulai menjual jasa untuk mengembangkan pengalamannya?

Pemula juga butuh jam melayang simpel, melalui tantangan dari projek ditawarkan sehingga akan memperbesar pengalaman juga kemampuan skillnya, skill pemula juga mesti mulai berguru menjual jasanya biar menerima duit untuk biaya mengasah skillnya.

Tingkat Keahlian (Skill) Menentukan Harga Sebuah Produk Jasa

Berapa harga lukisan seorang maestro dengan seorang yang berguru melukis, pasti sungguh berbeda, atau Fotografer pemula dengan Fotografer profesional seperti Darwis Triadi, tentu harga jasa pemula dengan level master akan berlawanan sekali.