Kiat Memilih Marketplace Buat Yang Hendak Jualan Online

Posted on

Marketplace yakni salah satu versi e-commerce, di mana ia berfungsi selaku mediator antara pedagang dan pembeli. Penjual yang berdagang di marketplace hanya perlu melakukan proses jual beli. Semua acara lain mirip pengelolaan website sudah diurus oleh platform tersebut. Situs-situs seperti Shopee, Tokopedia, dan Bukalapak adalah contoh marketplace.

Dibandingkan menciptakan menciptakan toko online sendiri, marketplace ialah penyelesaian untuk orang yang mau berdagang online utamanya pemula yang akan buka usaha online

Saya akan menyebarkan tips dan pengalaman bagaimana memilih market place melalui untuk dagangonline, biar mampu berkembang dan menciptakan duit.

Tips Memilih Market Place

1. Pilih Marketplace yang banyak di download Orang

Darimana mengetahui marketplace yang terkenal, digunakan banyak orang, anda mampu riset kecil-kecilan di handphone kamu dengan berkunjung ke playstore atau apstore. Lihat jumlah orang yang mendownload aplikasi tersebut. dan mulai tulis dan kamu list market share tersebut dikertas.
  1. Lazada dengan 100 jt pendownload
  2. Shopee dan Tokopedia dengan 50 jt pendownload
  3. Bukalpak, OLX, dan JD.Id dengan 10 jt pendownload
Jumlah pendownload ialah tanda kandidat berpeluang konsumen anda, jadi bisa pribadi menentukan marketplace manakan yang dipakai buat bisnis anda.
 di mana ia berfungsi sebagai perantara antara penjual dan pembeli Tips Memilih Marketplace Buat yang akan Jualan Online
Rating Shopee
 di mana ia berfungsi sebagai perantara antara penjual dan pembeli Tips Memilih Marketplace Buat yang akan Jualan Online
Rating Lazada
 di mana ia berfungsi sebagai perantara antara penjual dan pembeli Tips Memilih Marketplace Buat yang akan Jualan Online
Rating Bukalapak
 di mana ia berfungsi sebagai perantara antara penjual dan pembeli Tips Memilih Marketplace Buat yang akan Jualan Online
Rating Tokopedia
Rating OLX

Rating JD

2. Pilih Rating Tinggi hasil penilaian penguna Aplikasi

Rating setiap marketplace ialah evaluasi pelanggan atas kinerja marketplace itu kepada kepuasan pemakaian aplikasinya dengan mengunakan skala 5. Dari data di atas menghasilkan data rating:
  1. Shopee dan Tokopedia dapat rating 4,6
  2. Lazada dan Bukalapak mampu rating 4,5
  3. JD.ID dapat rating 4,4
  4. OLX menerima rating 4,3
Makara dari sini kita tahu mana marketplace yang memuaskan konsumen.

3. Pilih Marketplace Yang Wellcome ke Penjual

Dari pengalaman penulis sendiri dari tahun 2015 mulai berjulan online ada tiga marketplace yang welcome dan mudah mengoperasikan aplikasi dagangonline yakni Bukalapak, Tokopedia, dan Shopee.
Bila rating toko di Bukalapak, Shopee, dan Tokopedia baik, maka mereka justru akan mengiklankan produk kita dan akan memberikan modal usaha.
Lazada kita tidak mampu berdagang langsung di sana namun, pihak Lazada yang memanggil untuk berjualan di Lazada. Sedangkan OLX pengalaman aku cocok untuk menjual barang second mirip Hp, barang elektonik, motor, kendaraan beroda empat dan rumah.

4. Pilih 2 atau 3 Marketplace untuk tempat berdagang online

Melakukan dagangdi marketplace selama gratis saya sarankan untuk mengunakan 2 sampai dengan 3 marketplace alasannya adalah peluangpembeli produk kita akan besar, misalkan berdagang di Bukalapak, Tokopedia,dan shopee secara berbarengan maka kita memiliki kesempatanpembeli sebesar 110 juta pelanggan, Dahsyat bukan.
Lebih dari 3 marketplace akan menyulitkan pengelolaan operasional bisnis online kita, kalau kita menjalankan usahanya sendiri, tanpa tangan kanan, tapi bila punya modal untuk mengrekrut karyawan berapa pun jumlah marketplace bukan persoalan risikonya.

5.Lihat Profil Bisnis kita dan Pesaing

Pelajari kembali profil bisnis kita; produk, lokasi bisnis kita, dan pesaing dan coba saja tiap marketplace, alasannya tiap marketplace memiliki kelebihan dan kekurangan, juga ketat atau tidaknya persaingan, apalagi banyak penjual online memasarkan barang yang sama.