Cara Setting Email Domain Sendiri Dengan Zohomail Gratis

Posted on

Memiliki domain sendiri seperti namadomain.com tentu akan membuat lebih yakin diri, lebih pede ketika ngeshare postingan yang gres saja dipublikasikan di blog kita. Nah, agar nama domain yang telah kita beli dan perpanjang tiap tahun ini tidak hanya dalam bentuk alamat blog, kita bisa juga memanfaatkannya menjadi email domain langsung, contohnya: admin@domainanda.com.

Melihat email dengan nama domain pribadi ini, tentu akan menambah kredibilitas dikala mengantarkan email ke rekan, klien, atau atasan kita, juga akan kian keren ketika nampang di kartu bisnis kita. Email yang dibuat memakai layanan gratis dari gmail, yahoo, ini semua orang bisa membuatnya, tetapi email domain pribadi yang bisa menciptakan dan mempunyai cuma pemilik domain tersebut, jadi ini akan ada nilai plus tersendiri.

Sampai disini saya percaya anda akan makin kesengsem untuk segera mempunyai email dengan domain sendiri ini. Pertanyaanya, cara settingnya bagaimana? memakai layanan apa? gratis atau berbayar?

Bagi pemilik domain yang juga menyewa hosting sendiri, menciptakan email dengan domain eksklusif ini sangatlah mudah, mampu unlimited tergantung kapasitas hosting yang disewa, anda mampu baca postingan aku Cara Membuat dan Mengelola Email Domain Sendiri di cPanel Hosting

Bagaimana dengan pemilik domain pribadi yang tidak mempunyai atau menyewa hosting sendiri?
Menjawab pertanyaan ini, anda bisa memakai situs penyuplaiemail, mirip G-Suite, dengan cukup membayar sewa sekitar 4,2 USD/ bulan /pengguna (kisaran 60rban /bulan /pengguna). Atau bisa juga memakai layanan situs zohomail, dimana anda cukup membayar mulai 1 USD / bulan/ pengguna.

Kalau ada yang gratis kenapa harus bayar?

Okelah kalau begitu, pada artikel ini akan aku diskusikan bagaimana Cara Setting Email Domain Sendiri dengan Zohomail Gratis. Kita akan memanfaatkan layanan gratis yang ditawarkan zohomail.

Berikut langkah/ cara setting email domain sendiri di zohomail:

  1. Buka situs zohomail.com
  2. Klik menu Pricing – scroll ke bawah dan klik Sign Up Now pada Free Plan
  3. Tuliskan nama domain anda
  4. Silahkan anda isi data diri lengkap, mulai dari nama no hp aktif yang bisa mendapatkan sms, email aktif, lalu klik tombol hijau Proceed.
  5. Cek SMS yang berisi kode verifikasi dari zohomail, dan secepatnya masukan pada kotak yang tersedia, kemudian klik tombol Verify My Mobile.
  6. Halaman berikutnya anda akan diminta mensetting keamanan 2 langkah, kalau anda membutuhkan, silahkan diaktifkan, pada bimbingan ini saya abaikan dengan mengklik link dengan teks Remind me later di pojok kanan bawah.
  7. Selanjutnya anda akan diminta memasukan instruksi verifikasi di panel domain anda, pilih layanan penyedia domain, bila tidak ada pilihannya silahkan anda pilih Other. Untuk methode verifikasi kepemilikan domain ini anda bisa menggunakan TXT Method, CNAME Method, dan HTML Method, pada tutorial ini saya memilih pilihan CNAME Method.
  8. Salin/ copy CNAME di atas, kemudian login di panel domain anda, dan masukan instruksi CNAME di Manage DNS domain anda, jangan lupa klik tombol Create.

  9. Klik tombol Verfy by CNAME di zohomail setelah menunggu sekitar 10 – 15 menit, jikalau berhasil terverifikasi akan muncul halaman pembuatan akun yang pertama, seperti gambar di bawah ini:
  10. Langkah berikutnya anda akan diminta untuk menambahkan pengguna baru (bisa anda skip, bisa tambahkan lain kali), menciptakan group juga bisa anda skip, dan berikutnya pada pengaturan configurasi email delivery, anda copy aba-aba Mx Record zohomail dan masukan di panel domain anda, sehabis ketiga MX record dimasukan, silahkan anda klik tombol Next.
  11. Berikutnya anda diminta mengaktifkan SPF dan DKIM, berbentukTXT record yang dimasukan di panel domain anda. SPF ini berfungsi untuk menangkal pemalsuan alamat pengirim email.

Sampai tahap ini anda telah selesai mensetting email domain sendiri dengan menggunakan layanan zohomail gratis, selanjutnya bisa anda coba mengantaremail untuk uji coba. Demikian, semoga berguna.