Cara Kerja Search Engine Optimization (Seo)

Posted on

Untuk paham SEO, kita harus paham cara kerja mesin pencari/search engine, khususnya mesin pencari google (google search). ada tiga proses yang dijalankan mesin pencari yaitu; crawling (penelusuran/jelajah), indexing dan rangking (serving).

 kita harus paham cara kerja mesin pencari Cara Kerja Search Engine Optimization (SEO)
Search Engine Optimization (SEO)

1. Crawling/ Penelusuran

Proses pertama search engine menjelajahi trilliunan halaman dan dokumen yang ada pada world wide web (WWW). Search engine senantiasa mengawali pencarian data-data dari website yang paling terpercaya dan berkualitas tinggi.

Dari website-situs web yang terpercaya, Google akan menemukan link-link ke website lain, ditambah tumpuan sitemap yang didaftarkan oleh para webmaster, Dari website-website ini ke beberapa website yang lain lagi. Sehingga bentuknya menjadi seperti jaring keuntungan-keuntungan yang bercabang kemana-mana. Oleh alasannya adalah itu disebut world wide web.


Aplikasi /perangkat lunak yang melakukan peran penjelajahan dan pencarian ialah crawler, spider atau goonglebot/bot . Program Googlebot mengunakan Algoritma untuk menentukan halaman situs web-situs web  yang hendak ditelusuri.

Karena Website meningkat terus dan jumlah web semakin banyak yang harus di jelajahi (crawl) Goonglebot dilakukan di beberapa mesin pencari dan disebar di beberapa server biar proses crawling website lebih singkat.

2, Indexing (proses membuat indeks)

Pada proses indeks, dibuatlah indeks/daftar raksasa semua halaman website dan konten yang didapatkan oleh Googlebot/bot. Dokumen dan halaman yang sudah ditelusuri pada proses crawling akan dimasukkan ke dalam list database milik search engine.

Mesin pencari memakai indeks ini selaku sumber info yang ditampilkan pada laman hasil penelusuran. Tapi, tidak semuanya bot menemukan menjadikannya ke dalam indeks mesin pencari, dokumen yang relevan akan dipilih dari database tersebut.

3. Rangking

 kita harus paham cara kerja mesin pencari Cara Kerja Search Engine Optimization (SEO)
Rangking

Dalam proses ranking, dari jutaan halaman dan dokumen situs web yang berhubungan , Google akan memberi nilai/ rangking terhadap masing-masing data untuk menentukan yang mana yang paling relevan dan dianggap terpercaya dan sesuai dengan apa yang anda cari.

Relevasi halaman web di tentukan bukan cuma berdasarkan keyword namun ada lebih dari 200 aspek lain tergolong didalamnya isi web, kualitas konten, alt teg image, link dan sebagainya.

Google mengunakan PageRank sebagai algoritma yang dipakai untuk menganggap link halaman situs web  yang paling terkenal , lalu halaman website ditentukan urutannya di halaman hasil penelusuran (SERP/ Search Engine Result page). SERP berganti setiap jam dan setiap hari.

Bila sudah paham cara kerja mesin telusur, maka kita harus melaksanakan apa saja yang diharapkan mesin telusur dengan tujuan utama mendapatkan indeks rangking 1 di hasil pencarian (SERP)