Blogger Pemula Apa Yang Di Kerjakan Di Awal

Posted on

Blogger pemula apa yang dilakukan di permulaan. Sharing cerita pengalaman saya menjadi seorang blogger yang mau mengembangkan tips dan share pengalaman. Tulisan ini hanya nukilan kecil yang bisa jadi materi masukan bagi blooger pemula.

Ada beberapa argumentasi menciptakan blog, bagi sebagian murid tujuan buat blog alasannya terpaksa karena pelajarannya ada bahasan perihal blogger jadi mereka terpaksa mempelajari dan mempraktekannya, Sedikit sekali aku memperoleh murid yang memang menyenangi penulisan blog dengan seluk-beluknya apalagi mempelajari bahasa pemograman/ coding.” Langka” kata yang paling sempurna.

Alasan/ Sebab Belajar Blog

Saya sendiri alasan mempelajari membuat website blog alasannya adalah permintaan mengajar, Saya diharuskan mengajarkan bahan pembuatan situs web blog, jika saya tidak bisa alangkah malunya, mengajarkan ke muridnya sesuatu yang tidak diketahui dan tidak pernah kita praktekan. Alasan lain aku mau mencoba membuktikan ada duit yang didapat dari investasi waktu, dan pikiran membuat situs web blog.

Dan 6 bulan ini gres ketemu caranya, mulanya mengejar iklan dari google adsene, namun sangat susah dan belum mampu sampai sekarang, ternyata buat blogger pemula affiliate marketinglah yang mesti dikejar alasannya adalah kasatmata ada uangnya. Kaprikornus buat blogger pemula kejar trafik kunjungan, ikut acara affiliate dan pasang linknya di blog anda.

Memulai mencar ilmu dari mana ?

Start
Saya Tidak punya guru untuk mengajarkan aku bagaimana cara menciptakan website blog, belajar permulaan dari buku-buku paket yang diberikan guru sebelumnya dan buku yang diberikan pihak sekolah. jadi mulailah dari yang ada disekitar anda. lalu kembangkan. Autodidak kata yang paling tepat untuk saya untuk menguasai menciptakan situs web blog.
Bisa? tentu tidak mampu, walaupun saya telah melakukan bisnis online lewat berdagang dimarketplace shopee, bukalapak, dan Tokopedia dan mampu diandalkan untuk penghasilan hidup, pasti berbeda sekali dalam membuat situs web blog. Teori dan praktek itu berbeda. jikalau kita hanya membaca teori membuat blog tanpa mempraktekanya “percuma.” kita  tak dapat pengetahuannya dan skillnya. Lucunya justru aku belajar dari murid Istimewa yang mengerti membuat blog dan aku tidak malu berguru darinya.
Tiga pilihan membuat website:
  1. Dengan bahasa pemograman; saya tidak mempunyai cukup wawasan dan skill bahasa pemograman HTML dasar baru mengetahui dan belum pernah paraktek menggunakanya juga CSS dan Java Script, jadi ini bukan opsi saya.
  2. Dengan CMS WordPress, ini yang paling bagus yang mengunakan 70% market share, ada dua ternyata wordpress.com kalo nerlangganan bayar dollar, jika wordpress.com fitur akan semakin lengkap jika ikut member berbayar namun dalam dollar jadi saya tunda mnggunakan wordpress.com, lalu coba pake wordpress.org melalui niagahost ternyata musti beli domain dan hosting buat setahun dan minimal uang Rp. 800 rb meski sangat kesengsem alasannya diberikan suppot training. dan fitur yang mempermudah, lagi-lagi wabah covid 19 menciptakan keuangan sungguh ketat menyurutkan langkah saya.
  3. Dengan CMS Blogger, alasannya adalah “gratis”  yang meyebabkan aku memilihnya, walaupun kalah lengkap fiturnya dan akomodasi dengan wordpress, tetapi mampu jadi permulaan mencar ilmu disini, jika sudah punya uang lebih akan mulai menggunakan wordpress.org amin.

Praktek dan Praktek yang Berulang yaitu Segalanya

Mulailah praktek maka anda akan dapat skill, wawasan, pengalaman, dan feelnya. Learning by Doing ternyata faktual jadinya.
Praktek Praktek Praktek
Pengalaman mengajar teori dengan praktek terhadap murid karenanya berbeda, mengajar teori ingatan murid cuma seumur bakwan yang dikonsumsi pada saat istirahat sekolah jika ditanya kembali materi teori yang diajarkan sedikit kata yang diingat tetapi bila praktek akan banyak kata yang keluar dari murid lisan siswa.
Satu lagi “Bisa sebab biasa” yakni kalimat yang benar repetition adalah kunci menjadi profesional (mahir), alasannya praktek yang berulang menerima pengalaman dan menambah skill. Mirip Ronaldo yang mesti menendang ribuan kali sehingga skill dan kemahiranya membuatnya pemain profesionalnya dibayar triyunan setahun.
Banyak penulis buku yang saya kenal ternyata Ryanto Astono (buku: Facebook Marketing Rock), Jefferly Helianthusonfri (buku: Yuk Kaprikornus Youtuber), dan Ryan Kristo Muljono (buku: Digital Marketing Concept) ternyata semua memiliki website blog dengan banyak goresan pena artikelnya, berdasarkan saya mereka ialah hasil dari praktek yang berulang, orang-orang profesional yang berlatih terus risikonya menciptakan karya.

Mulai dari 5 Artikel Pertama

Saya tidak senang menulis bagaimana bisa menghasilkan goresan pena. 5 artikel aku merupakan resume dari bahan bimbing ke siswa, gaya bahasa formal dan hasil tulisanya ya buruk. “proses”  seseorang itu mesti lewat proses bertumbuh tetapi saya terus menulis dan mencar ilmu gaya goresan pena apa semoga pengunjung terpesona dan tidak monoton.
Saya terinspirasi akan blog Ryanto Astono, marketer semenjak 2004, penulis buku Facebook Marketing Rock, The book of SEO dan paling gres Newbie. anda mesti mendatangi websitenya dan membaca bukunya, websitenya dan aku sungguh terinspirasi akan gaya bahasa menulisnya yang tidak formal, tidak kaku, dan bila kita membacanya penuh filosofi dan mirip menyimak beliau berbicara, mudah untuk dicerna. meskipun tidak mampu seperti dia, saya mulai mengikuti gaya menulis seperti ia dan masih jauh dibawah ia soal kualitas tulisannya.
Tips mencar ilmu membuat postingan tulisan yang bagus dari aku, cari orang yang terbaik di bidangnya, dalam hal ini menciptakan website blog, mulai tiru gayanya hingga andal dan buat gaya anda sendiri nantinya.
Anda wajib mempelajari SEO baik SEO on Page dan Off Page, SEO menghadirkan pengunjung, tanpa SEO susah menghadirkan hadirin, sebab menulis tanpa hadirin, anda tidak akan memperoleh gairah, semangat untuk tetap menulis, penulus butuh apresiasi dari orang lain.
5 artikel saya tidak memiliki hadirin tapi ketika mulai memakai SEO hadirin mulai tiba ke situs web blog aku, dan gairah menulis bertambah juga mutu goresan pena membaik, proses berjalan dan bertumbuh maka artikel saya terus bertambah dari 5 postingan menjadi 50 postingan dan akan terus meningkat, targetkan sepekan mesti memposting satu postingan.

Gunakan Tool yang Tepat

Tool Akan Memudahkan
Diawal menciptakan situs web blog aku tidak paham akan tool, padahal tool ini sungguh membantu menciptakan website blog yang bagus, sama mirip menciptakan rumah akan banyak tool yang diharapkan untuk setiap kegiatannya; memnuat pondasi, anda butuh pacul dan linggis, menciptakan tembok anda butuh scoop, membuat pintu anda butuh palu dan gergaji, jadi setiap kegiatan diharapkan juga tool yang berlawanan. Anda harus menguasai tool dasar dibawah ini.
  • Gunakan Canva, PowerPoint, Paint 3D untuk menciptakan desain grafis banner dan image tutorial yang mempesona.
  • Gunakan Pixabay.com, untuk mendapatkan gambar gratis yang menarik buat postingan.
  • Gunakan wordcounter.net untuk mengetahui jumlah kata dan abjad dalam postingan kita.
  • Google Search Console, untuk mengenali peringkat postingan, jumlah penelusuran di mesin penelusuran pada dasarnya performance situs web blog kita.
  • Google Analytic, untuk mengenali insigh hadirin webiste blog
Anda juga mulai mesti menguasai tool website tingkat lanjut semoga situs web blog anda menjadi lebih profesional.

Terus Belajar

Banyak hal yang perlu dikuasai, yang  harus dipelajari dan dipraktekan, lakukan tahap demi tahap, pelajari teorinya, praktekan, kemudian praktekan ulang (berlatih).
 
Tips dari saya bila ingin menulis sebuah artikel dengan topik/tema tertentu mulai lakukan riset kecil dengan memasukan judul yang akan kita buat ke mesin pencari google untuk mengenali mana goresan pena yang terbaik di hasil pencarian, pelajari kerangka goresan pena dan bahasannya. kita buat mesti lebih baik dari goresan pena yang telah ada supaya pembaca menerima faedah dari postingan yang kita tulis,