Apa Sih? Domain Dan Sub Domain

Posted on

Domain yaitu bagian yang ditulis di Web Address (URL) di web browser (Chrome, Microsoft Edge) sedang domain sendiri adalahh indentitas server komputer anda di dalam jaringan komputer atau internet. Domain berfungsi untuk mempermudah pengguna internet untuk mengakses server tanpa harus mengenang formasi angka yang umum disebut dengan Alamat IP.

Sebagai teladan Kentucky Fried Chiken domainnya yaitu kfc.com, atau google domainnya yakni google.com, bergotong-royong alamat IP google di web address dulu ditulis dengan angka 192,238.624.23 , tentu akan sulit diingat dibandingkan cuma ditulis google,com. Sekarang alamat suatu web mengunakan kata yang mudah dingat semoga mudah pengguna mengaksesnya.

Domain Struktur

Struktur penulisan domain di Web Address mampu dilihat digambar dimana:
  • https, yaitu Protokol
  • belajarselukbelukbisnisonline yakni Sub Domain yang ialah bab dari domain.
  • Blogspot ialah Domain, yang terdaftar di website
  • com adalah extention (direktori) sebuah folder tempat menyimpan folder.
  • 2020 ialah nama halaman web
 Domain adalah bagian yang ditulis di Web Address  Apa Sih?  Domain dan Sub Domain
Struktur Domain

Top Level Domain (TLD)

TLD yaitu tumpuan hurup-hurup terakhir sesudah titik dalam sebuah struktur domain disebut juga extention/direktori dalam hal ini com.

TDL lazimnya disebut gTLD (generic top level domain), jika kita berbelanja nama domain dengan direktori di google, rumah web, atau niagahoster, TLD lebih mahal dari direktori yang bukan masuk Top Level Domain

Contoh Direktori TLD

 Domain adalah bagian yang ditulis di Web Address  Apa Sih?  Domain dan Sub Domain
Top Level Domain, Extention

Tips Memilih Domain

Domain yang elok akan sungguh membantu  situs web anda, ramah terhadap mesin pencari, dan juga bab dari SEO on Page, biar sehingga akan mudah muncul di indeks mesin penelusuran. dibawah ini yang mesti diperhatikan dalam menentukan domain:
  1. Utamakan memilih domain dengan TLD.com , .com yakni direktori terpopuler di dunia, tetapi bila telah ada yang mengunakan, pakai alternatif lain .net atau .org.
  2. Sesuaikanlah nama domain dengan isi website, contohnya isi situs web anda memasarkan baju, jaket, suplemen maka yang tepat yaitu fashion.com.
  3. Mudah dikenang, pilihlah domain yang gampang dikenang orang seperti brand.
  4. Jangan terlalu panjang. maksimal 20 karakter, lebih baik bila 10 huruf, dengan satu kata atau jika tiga kata kurang anggun, mirip: kompas.com, detik,com, dan lain-lain.

Bagaimana Mendapatkan Domain TLD

Kebanyakan domain sedikit yang gratis, umumnya berbayar, jikalau sub domain  masih banyak yang gratis seperti belajarselukbelukbisnisonline.blogspot.com itu aku dapat dari blogger gratis.
Untuk menerima Domain di blogger anda bisa membelinya di fitur pengaturan(seting) bisa lewat google atau pihak ketiga. Dipihak ketiga yang paling banyak menerima domain TLD dengan membelinya di Niagahoster, atau Rumahweb dengan keunggulan dan kelemahan. Dibawah ini pola video tutorial mendapatkan Domain TLD.